NEWS UPDATE :

Perbandingan Kualitas Manusia dan Penduduk Papua Nugini Dengan Indonesia

1.   Kualitas fisik 
a.   Komposisi penduduk 
Komposisi penduduk Papua Nugini lebih banyak didominasi oleh laki-laki demikian pula dengan Indonesia. Namun jumlah penduduknya jauh lebih besar Indonesia jika dibandingkan dengan Papua Nugini. Selain itu Papua Nugini memeiliki angka pertumbuhan penduduk yang lebih besar dibandingkan dengan Indonesia dimana pertumbuhan penduduk Papua Nugini Lebih dari 1% sedangkan Indonesia kurang dari 1%. Berkaitan dengan suku dan agama sendiri, meski antara Indonesia dan Papuan Nugini Bersebelahan, namun terdapat perbedan jauh diantara keduanya. 

b.  Beban ketergantungan 
Beban ketergantungan penduduk Papua Nugini jika dibandingkan dengan beban ketergantungan Indonesia juah lebih tinggi dimana ketergantungan Negara Papua Nugini sebesar 63% sedangkan Indonesia hanya 51%, hal ini menunjukkan bahwa dari segi beban ketergantungan Indonesia masih lebih baik. 

c.  Tingkat kelahiran dan tingkat kematian 
Tingkat kelahiran Penduduk Papua Nugini adalah 24.89 perseribu penduduk sedangkan untuk Indonesia adalah 13.4 per seribu penduduk.. Sedangkan untuk kematian yaitu 6.53 perseribu penduduk unuk Papua Nugini dan 6.34 kematian per seribu penduduk. Dari kedua data diatas dapat dikatakan bahwa tingkat kesehatan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan di Papua nugini masih rendah dan fasilitas kesehatan di Papua Nugini juga masih rendah atau sedikit. 

d.  Angka kesakitan 
Angka kesakitan di Papua Nugini jika dibandingkan dengan Indonesia masih lebih tinggi Papua Nugini. Hal ini berarti resiko sakit di Papua Nugini lebih tinggi. Ini juga disebabkan oleh ketersediaan fasilitas kesehatan yang ada di masing-masing Negara dan tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan penduduknya. 

e.  Angka harapan hidup 
Angka harapan hidup penduduk Papua Nugini yaitu berkisar 68 tahun sedangkan Indonesia yaitu 72 tahun. Disini terlihat bahwa angka harapan hidup penduduk Papua Nugini masih dibawah Indonesia. 

2.   Kualitas non fisik 
a.   Produktifitas 
Antara Papua Nugini dan Indonesia sebenarnya masih memiliki produktifitas yang masih rendah, namun jika dibandingkan maka produktifitas penduduk Indonesia masih jauh lebih baik. 

b.      Kemandirian 
Dari segi kemandirian, penduduk Papua Nugini masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Indonesia. Hal ini di karenakan sebagian penduduk Papua Nugini berusaha sendiri tanpa bergantung pada pemerintah yakni berusaha di bidang pertanian. 

c.       Solidaritas 
Papua Nugini dan Indonesia memiliki solidaritas yang sama tinggi. Namun solidaritas ini tidak dapat diukur secara langsung maupun diukur dengan angka. Solidaritas dapat diukur dari kehidupan sosial penduduk masing-masing Negara. 

d.      Pendididikan/kecerdasan 
Dari segi pendidikan, Papua Nugini masih berada di bawah Indonesia, dimana pendidikan di Papua Nugini masih belum ada data yang pasti dikarenakan pendidikan disana masih sangat rendah. Sedangkan di Indonesia sudah ada lembaga yang pasti dan dapat dipertangung jawabkan dan pendidilkan di Indonesia sudah terlembaga dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA

         THE WORLD FACTBOOK “PAPUA NUGINI”.Diakses dari https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/pp.html pada tanggal 19 juli 2014 pukul 19.00.

         THE WORLD FACTBOOK “INDONESIA”. Diakses dari https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html pada tanggal 19 juli 2014 pukul 19.00.
“Working to achieve an HIV-free generation in PNG”. Diakses dari http://www.unicef.org/png/media_22750.html pada tanggal 20 juli 2014 pukul 09.00.
 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ