NEWS UPDATE :

Dampak Posisi Silang Indonesia dalam Bidang Ekonomi


      Dampak Posisi Silang Indonesia dalam Bidang Ekonomi
       1.      Dampak Positif
       a.       Merupakan jalur lalu lintas perdagangan dunia, menjadi transportasi negara-negara lain, yang artinya dapat menambah devisa/pemasukan negara.
Beradanya Indonesia di titik silang yang menjadi jalur lalu lintas dunia menyebabkan transportasi di Indonesia berkembang. Banyaknya jasa transportasi yang digunakan maka akan semakin mengembangkan transportasi yang ada serta menambah devisa negara.
      b.      Mempermudah kerjasama dengan negara lain dalam bidang ekonomi.
Indonesia yang berada di jalur lalu lintas perdagangan sehingga memudahkan akses untuk melakukan kerjasama utamanya di bidang ekonomi dengan negara lain.Misalnya untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor barang, Indonesia lebih mudah untuk mengaksesnya karena berada di jalur lalu lintas perdagangan.
     c.       Banyak industri asing yang didirikan di Indonesia karena letaknya yang strategis.
Indonesia dilihat memiliki potensi yang cukup bagus untuk mendirikan industri sehingga banyak perusahaan asing yang mendirikan perusahaannya di Indonesia. Hal ini dikarenakan, strategisnya posisi Indonesia dan pasar yang cukup potensial sehingga mendirikan perusahaan di Indonesia. Beberapa perusahaan asing yang mendirikan pabriknya di Indonesia antara lain, honda dan yamah yang merupakan perusahaan motor dari Jepang.
     d.      Adanya persaingan yang kompetitif sehingga masing-masing perusahaan berlomba-lomba menciptakan produk yang terbaik.
Semakin banyaknya industri yang berdiri di Indonesia baik industri asing maupun industri dalam negeri, memunculkan persaingan. Mereka saling berlomba untuk menarik hati konsumen dengan menciptakan produk yang menarik dan berkualitas.
     e.       Banyaknya pengusaha asing yang berinvestasi di Indonesia.
Indonesia yang strategis dan cukup mudah untuk melakukan investasi, maka banyak pengusaha asing menginvestasikan modal mereka di Indonesia.
     f.       Pertanian yang memiliki potensi tinggi dengan iklim yang cocok sehingga dapat menyokong perekonomian masyarakat.
Keadaan Indonesia pun cukup menguntungkan jika dilihat dari geografisnya. Posisi silang Indonesia yang berada di dua benua dan dua samudera menciptakan iklim yang cukup baik untuk mengembangkan pertanian. Didukung dengan tanah yang subur semakin berpotensi tinggi. Selain itu, hasil pertanian ini dapat diekspor ke luar negeri sehingga menjadi pendapatan negara.
     g.      Indonesia yang memiliki begitu banyak tempat yang indah dan eksotis dapat dikelola menjadi tempat wisata yang menambah devisa negara.
Banyaknya tempat yang indah yang ada di Indonesia serta posisi Indonesia yang strategis memiliki potensi tinggi dalam pariwisata. Indonesia mengelola tempat wisata yang ada dengan maksimal sehingga menarik wisatawan untuk datang. Selain itu, dapat melakukan promosi sehingga semakin banyak wisatawan yang tahu mengenai tempat mana saja yang dapat dikunjungi. Semakin banyak wisatawan yang datang semakin banyak pendapatan negara yang diterima.
     2.      Dampak Negatif
     a.      Masyarakat dalam negeri sendiri justru lebih suka membeli produk luar negeri daripada produk dalam negeri.
Maraknya produk luar negeri yang beredar di kalangan masyarakat membuat masyarakat lebih memilih untuk membeli produk buatan asing. Hal ini dikarenakan, produk buatan asing memiliki kualitas yang baik. Selain itu, adanya sikap gengsi yang bila tidak menggunakan produk buatan asing tidak keren, sehingga masyarakat lebih banyak menggunakan produk luar negeri.
     b.      Banyaknya industri asing yang didirikan di Indonesia mengakibatkan industri dalam negeri kalah saing dan tidak dapat berkembang.
Semakin banyaknya industri dan perusahaan saing yang berdiri di Indonesia secara otomatis menyingkirkan industri dalam negeri.
     c.       Menjamurnya produk dari luar negeri
Indonesia yang berada pada di jalur lalu lintas perdagangan dunia sehingga banyak terjadi kegiatan ekonomi baik asing maupun dalam negeri. Selain itu, mudahya produk asing masuk ke Indonesia membuat begitu banyak produk asing yang ada di Indonesia.
     d.      Ketergantungan terhadap produk luar negeri.
Banyaknya produk asing yang beredar di masyarakat membuat masyarakat terbiasa untuk menggunakan produk asing. Di sisi lain produk dalam negeri kualitasnya masih belum sesuai harapan masyarakat. Sehingga masyarakat lebih memilih produk buatan asing dan lama-lama terjadi ketergantungan dengan produk asing.
     e.       Susah berkembangnya industri kecil masyarakat.
Mudahnya investasi masuk serta pendirian perusahaan asing menyebabkan perusahaan tersebut dapat berkembang dengan baik. Hal ini berimbas buruk terhadap indutri kecil yang memiliki modal yang minim. Hal ini dikarenakan sempitnya pasar, yang dipicu oleh konsumen yang lebih memilih membeli produk buatan asing.


      Solusi:
     a.       Posisi silang Indonesia yang menjadi jalur lalu lintas perdagangan menyebabkan banyak terjadi kegiatan ekonomi. Banyak terdapatnya barang dari luar negeri yang memiliki kualitas yang baik berimbas pada masyarakat yang lebih suka membeli produk luar negeri. Oleh karena itu, perlunya kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri sehingga kita tidak tergantung pada barang buatan asing. Kita harus lebih bisa menghargai produk buatan dalam negeri sehingga dapat berkembang.
     b.      Dari segi industri sendiri perlu adanya peningkatan kualitas dan mutu barang dan jasa yang dihasilkan. Jika kualitas barang baik maka masyarakat lebih memilih untuk membeli produk dalam negeri  dan bukan produk buatan asing.
     c.       Peningkatan Sumber Daya Manusia, sehingga memiliki kemampuan yang mumpuni dan etos kerja yang baik. Dengan hal tersebut kegiatan perekonomian pun dapat berjalan dengan baik.
     d.      Pemerintah lebih selektif dalam menyetujui investasi asing atau pendirian perusahaan asing. Selain itu juga ada perlindungan terhadap industri kecil yang ada sehingga dapat terus berkembang.



Share On:
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ