NEWS UPDATE :

ALAT MUSIK TRADISIONAL JAWA BARAT

A. KENDANG

Kendang_sunda_atau_dalam_bahasa_perkusi._Jika_kita_mengenal_kendang_jawa_atau_kendang_lainnya_biasanya_hanya_satu_alat._Kendang_sunda_terdirindonesia_gendang_merupakan_alat_salahsatu_alat_musik_memainkanya_pun_kendang_tidak_akan_berpindah-pindah.tradisional_yang_berkategori_i_dari_3_kendang_yaitu_satu_kendang_yang_berukuran_besar_dan_2_lainnya_berukuran_kecil_atau_disebut_kulantir._Dalam_permainannya,_seperangkat_kendang_tersebut_ada_yang_di_ikat_dengan_tali_yang_terbuat_dari_kulit_sapi,kambing,_atau_kerbau._Sehingga_dalam____

B. KULANTER

Bentuk_dan_bahannya_seperti_kendang,_hanya_ukurannya_yang_lebih_kecil._fungsinya_sebagai_pengiringkendang_tadi.

C. GONG

Terbuat_dari_tembaga_yang_dicat_keemasan._pada_penggunaannya_digantungkan_dan_di_ikat_pada_tiang_kayu._pada_pembuataannya_gong_belum_memiliki_nada_nada_yang_pas.

D. JENGGLONG

Menyerupai_gong,_hanya_ukurannya_lebih_kecil_dan_suaranya_lebih_ringan._umumnya_terdiri_dari_5_gong_yang_digantung_dalam_satu_kayu.

E. KECAPI

Kecapi_adalah_alat_musik_petik_yang_berasal_dari_daerah_Jawa_Barat._Bentuk_organologi_kecapi_adalah_sebuah_kotak_kayu_yang_diatasnya_berjajar_dawai/senar,_kotak_kayu_tersebut_berguna_sebagai_resonatornya._Alat_musik_yang_menyerupai_Kecapi_adalah_siter_dari_daerah_Jawa_tengah.

F. SULING

Siapa_yang_tak_tahu_suling,,,_seua_pasti_tahu._terbuuat_dari_bambu_yang_dilubangi._terdiri_dari_4_ataulubang.berfungsi_sebagai_melodi.

G. REBAB

Rebab_terdiri_dari_dawai_yang_digesek._dimainkan_dengan_cara_digesek_dan_sambil_duduk._bentuknyaseperti_tiang_perahu_atau_busur_panah._fungsina_sebagai_melodi

H. GAMELAN

Gamelan_adalah_alat_musik_yang_terbuat_dari_bahan_logam._Gamelan_berasal_dari_daerah_Jawa_Tengah,_DI._Yogyakarta,_Jawa_Timur_juga_di_Jawa_Barat_yang_biasa_disebut_dengan_Degung_dan_di_Bali_(Gamelan_Bali)._Satu_perangkat_gamelan_terdiri_dari_instrumen_saron,_demung,_gong,_kenong,_slenthem,_bonang_dan_beberapa_instrumen_lainnya._Gamelan

I. ANGKLUNG

Terbuat_dari_bambu_dan_dibentuk_sedemkian_rupa_hingga_menimbulkan_suara_yang_khas._cara_membunyikannya_dengan_cara_digetarkan._masing2_mempunyai_nada_yang_berbeda2_sesuai_ukurannya.

J. KARINDING_

Karinding_adalah_alat_musik_tradisional_suku_Sunda._Karinding_ini_berasal_dari_beberapa_tempat_di_Jawa_Barat_seperti_dari_Citamiang,_Pasir_Mukti,_Tasikmalaya,_Malangbong_(Garut)_dan_Cikalong_Kulon_(Cianjur)._Di_daerah_tadi_biasanya_alat_musik_tradisional_karinding_dibuat_dari_pelepah_kawung_(pohon_aren)_sedangkan_dibeberapa_tempat_seperti_di_Limbangan_dan_Cililin,_kebanyakan_alat_musik_karinding_dibuat_dari_bambu.

K. CALUNG

Calung adalah alat musik tardisional dari Jawa Barat yang mirip dengan angklung. Cara membunyikan calung adalah dengan dipukul.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ