NEWS UPDATE :

Ternyata Mt Everest Bukanlah Gunung Tertinggi di Dunia

Tidak hanya murid-murid sekolah di Australia yang diajari bahwa titik tertinggi di dunia ini adalah di puncak Everest, murid-murid di banyak negara juga mungkin diajari hal yang serupa. Ada anggapan juga bahwa Gunung Kosciusko adalah sebuah gunung tertinggi di Australia.

Tapi mari kita telusuri kebenaran tentang gunung Everest yang dinyatakan sebagai yang tertinggi di dunia. Mengukur sebuah ketinggian gunung sebetulnya tergantung dari apa ukuran “tertinggi” yang Anda maksudkan. Apakah berarti ‘tertinggi di atas permukaan laut’, atau berarti ‘paling tinggi menonjol ke atas dan paling jauh dari pusat bumi’?
Kalau kita mundur kembali ke sekitar abad ke-17 dan ke-18, ada pemikiran bahwa Gunung Chimboraza adalah yang paling tinggi di dunia. Gunung berapi yang telah mati dan tertutup salju ini berlokasi di Ekuador, adalah puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian sampai 6.310 meter di atas permukaan laut.
Tahun 1852, Great Trigonometrical Survew di India mencatat bahwa ada sebuah gunung yang disebut Peak XV sebagai yang tertinggi dengan puncaknya yang mencapai 8.840 meter. Orang Inggris kemudian menamainya Everest pada tahun 1865, mengambil nama Sir George Everest.
Lalu apa alasan bahwa Gunung Everest bukanlah puncak tertinggi di dunia? Karena adanya perputaran bumi, perputaran ini membuat seluruh planet menonjol ke luar khatulistiwa. Diameter bumi melalui ekuator adalah sekitar 21 km lebih panjang dari diameter Bumi bila diukur melalui Kutub Utara dan Kutub Selatan.
Sekarang mari kita tengok si ‘mantan’ gunung tertinggi di dunia Chimborazo itu. Orang yang pertama kali mendaki gunung ini adalah Edward Whymper pada tahun 1880. Gunung ini berada 1,5 derajat Lintang Selatan sementara Everest lebih jauh lagi dari lengkung bumi pada 28 derajat Lintang Utara. Jadi, meskipun Chimborazo 2540 meter lebih dekat ke permukaan laut dibandingkan dengan Everest, tetapi 2202 meter lebih jauh dari pusat Bumi. Maka, gunung ini menonjol lebih tinggi ke angkasa daripada Everest. Dan ternyata, masih ada 3 puncak lainnya yang jauh lebih tinggi dari Everest, yaitu Huascaran, Cotopaxi, dan Kilimanjaro.

Share On:
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ