NEWS UPDATE :

Ilmu menurut para ahli




M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya


# THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya


# Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.


# NS. ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)


# POESPOPRODJO
Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris


# MINTO RAHAYU
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji


# POPPER
ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.


# DR. H. M. GADE
Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia


# FRANCIS BACON
Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan


# CHARLES SINGER
Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge)


Jadi kesimpulannya ilmu adalah sebuah himpunan proses dan aktivitas baik exsperiment maupun penelitian yang tersusun secara sistematis untuk menghasilkan pemikiran dan sebuah teori yang menjadi kunci untuk mengungkapkan segala sesuatu baik dalam jangka waktu yang lama maupun pendek yang menghasilkan pengetahuan.

Pendidikan:
1.       Plato (filosof yunani 429SM-346M): pendidikan itu ialah membantu perkembangan masing masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesempurnaan.
2.       Aristoteles: pendidikan itu ialah menyiapkan akal untuk pengajaran
3.       Ibnu muqaffa: pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita seprti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santapan akal dan rohani.
4.       Herbet spenser : pendidikan ialah menyiapkan seseoang untuk dapat menikmati kehidupan yang bahagia.
5.       Rousseu : pendidikan ialah pembekalan diri kita dengan segala sesuatu yang belum ada pada kita sewktumasa  kanak kanak, tetapi kita membutuhkannya di waktu dewasa.
6.       James mill : pendidikan itu harus menjadikan seseorang cakap, agar diasenantiasa berusaha mencapai kebahagiaan untuk dirinya terutama dan untuk orang lain selainnya
7.       Jhon dewey : pendidikan ialah membentuk manusia baru melalui karakter dan fitrah, serta dengan mencontoh peninggalan-peninggalan budaya lama masyarkat  manusia
8.       Langeveld : pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.
9.       Ki hajar dewantara : pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatan batin), pikiran (intellect), dan jasmani anak-anakk selaras dengan alam dan masyarakatnya.
10.   H. horne: pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental,yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional, dan kemanusiaan dari manusia.
11.   Thompson: merupakan pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasuilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam perilaku, pikiran dan sikapnya.
12.   Darnelawati : pendidikan formal adalah pendidikan disekolah yang berlangsung secara teratur dan bertingkat mengikuti syarat-syarat yang jelas dan ketat, tujuan pendidik adalah untuk memperkaya budi pekerti, pengetahuan dan untuk menyiapkan seseorang agar mampu dan trampil dalam suatu bidang pekerjaan tertentu.\
13.   Crow: mengatakan bahwa pendidikan diintrepretasikan dengan makna untuk mempertahankan individu dengan kebutuhan-kebutuhan yang senantiasa bertambah dan merupakan suatu harapan untuk dapat mengenbangkan diri agar berhasil serta memperluas, menginfestasikan ilmu pengetahuan dan memahami elmen-emlen yang ada di sekitarnya. Pendidikan juga mencangkup segala perubahan yang terjadi sebagai akibat partisipasi individu dalam pengalaman-pengalaman dan belajar.
14.   Kamus besar bahasa Indonesia: pendidikan diartikan sebagai proses pembelajaran bagi individu unuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggimengenai objek-objek tertentu dan spesifik. Penetahuan tersebut diperoleh secara formal mengakibatkan indivdu mempunyai pola piker sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.

Jadi pendidikan adalah upaya yang dilakukan baik secara formal, informal, maupun non formal untuk meningkatkan kualitas manusia baik jasmani maupun rohani oleh agen agen pendidik dngan tujuan menyiapkan seseorang untuk bias menghadapi kehidupan dimasa yang akan dating.



Kesimpulan: ilmu pendidikan : ilmu yang mempelajari serangkaian usaha serta proses pendidikan serta semua yang ada didalamnya, untuk mengingkatkan kualitas dan menciptakan sebuah teori baru dalam memperbaiki sisitem san proses pendidikan dalam meningkatkan kualitas manusia.

Syarat-syarat ilmu:
Objektif

Suatu Ilmu harus bersifat Objektif. Dengan kata lain, suatu ilmu harus bersifat menyeluruh dan tidak hanya dapat dilihat dari satu sudut pandang saja. Suatu Ilmu seharusnya memiliki objek kajian yang masih beraitan dengan Ilmu itu sendiri. Ilmu tersebut haruslah sesuai dengan kenyataan, bukan hanya sebuah pemikiran yang belum dapat dipastikan atau di uji kebenarannya.

Sistematis

Dalam kaitannya untuk mengetahui dan menjelaskan suatu objek, suatu Ilmu haruslah bersifat sistematis. Artinya mempunyai keteraturan dalam dirinya sehingga membentuk suatu sistem yang utuh, sehingga dapat menjelaskan hal-hal yang menyangkut objek kajiannya dan juga hubungan sebab-akibatnya.

Empirik

Ilmu adalah sesuatu yang konkrit (dapat dirasakan keberadaan/objeknya). Ini berarti, segala hal yang tidak dapat kita rasakan secara konkrit tidak termasuk dalam scientific study. Contohnya seperti tauhid. Tauhid tidak dapat dikatakan sebagai scientific study, karena tauhid berkenaan dengan hal-hal yang gaib (tidak tampak).

Metodik

Dapat dikatakan sebagai Ilmu jika sudah terbukti benar. Tidak hanya oleh satu orang, melainkan juga dapat dibuktikan oleh semua orang. Dan dapat diulang dengan hasil yang sama. Contoh : segitiga memiliki sudut 180’.


syarat-syarat ilmu yang terakhir adalah Universal. Kebenaran yang hendak dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua segitiga bersudut 180º. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat. Belakangan ilmu-ilmu sosial menyadari kadar keumuman (universal) yang dikandungnya berbeda dengan ilmu-ilmu alam mengingat objeknya adalah tindakan manusia. Karena itu untuk mencapai tingkat universalitas dalam ilmu-ilmu sosial, harus tersedia konteks dan tertentu pula.

Demikianlah Syarat-Syarat ilmu secara umum. namun tentunya masih ada pendapat lain tentang syarat-syarat ilmu dari berbagai kalangan. Tapi, secara garis besar Syarat-Syarat Ilmu adalah seperti yang disebutkan di atas.


Share On:
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ