NEWS UPDATE :

Resection

Resection adalah cara menentukan posisi di peta dengan menggunakan dua tanda medan yang dikenali di peta dan di lapangan.
Langkah-langkah:
1. atur peta dengan benar, pastikan peta berada pada orientasi yang benar.
2. Lakukan orientasi medan untuk mengenali dua tanda medan yag terlihat di peta dan dilapangan. Sebagai contoh puncak gunung, pohon, sungai, yang penting terlihat mencolok.
3.Tentukan arah utara peta pada titik yang ditandai dengan cara membuat garis yang berpotongan tegak lurus sejajar dengan sumbu Y dan garis mendatar sejajar dengan sumbu X.
4. Bidiklah dengan kompas dan catat sudut kompas yang didipatkan, lalu hitung back azimuth* untuk titik pertama dan kedua.
5. Hitung dan gambarkan sudut yang didapatkan pada titik pertama dan kedua. Perhitungan sudut dimulai dari sudut kompas pembidikan ke titik pertama dan kedua.
6.Dari sudut yang didapatkan dan digambarkan, buatlah perpanjangan garis hingga titik pertama dan kedua berpotongan disuatu titik.
7.Titik perpotongan inilah posisi kita.
*) Back azimuth: Untuk sudut yang kurang dari 180o ditambah 180o. Untuk sudut yang lebih dari 180o dikurangi 180 o

Share On:
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ