NEWS UPDATE :

Pengartian Teknologi


Teknologi sendiri mempunyai banyak pengertian diantaranya yaitu:
1.Definisi Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap, Teknologi adalah :
a. Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik
b.Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri.
2. Definisi Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah ;
a. Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan
b.Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

3. Dalam Random House Dictionary seperti dikutip Naisbitt (2002 : 46) Teknologi adalah sebagai benda, sebuah obyek, bahan dan wujud yang jelas- jelas berbeda dengan manusia.
4. Definisi Teknologi menurut Wikipedia situs wiki terbesar di Dunia, Teknologi adalah : Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
5. Menurut Miarso (2007 : 62) teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.
6. Finn (1998)
Selain diartikan sebagai mesin, teknologi bisa mencakup proses sistem manajemen dan mekanisme pantauan, baik manusia itu sendiri atau bukan. Teknologi dalam pengertian luas adalah cara pandang terhadap masalah berikut lingkupnya, tingkat kesukaran, studi kelayakan serta cara mengatasi masalah secara teknis dan ekonomis.
7.  Simon - Saliburry (1996)
Simon yang dikutip oleh Saliburry mengemukakan, teknologi sebagai disiplin rasional yang dirancang untuk meyakinkan manusia akan keahliannya menghadapinya lam fisik atau lingkungan melalui penerapan hukum atau aturan ilmiah yang telah tentukan.
8. Saettler - Saliburry (1996)
Saettler mengutip asal katanya - techne (bahasa Yunani), dengan makna seni, kerajinan tangan atau keahlian. Kemudian, Saettler menerangkan bahwa teknologi bagi bangsa Yunani kuno diakui sebagai suatu kegiatan khusus dan sebagai suatu pengetahuan.
Dari pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi.
1.Dapat diterjemahkan sebagai teknik atau cara pelaksanaan suatu kegiatan atau sebagian suatu proses,
2.Mengacu pada penggunaan mesin dan perangkat keras,
3.Terkait dengan sifat rasional dan ilmiah,
4.Menunjuk suatu keahlian, baik itu seni atau kerajinan tangan dan merupakan aplikasi dan ilmu pengetahuan.

Sementara itu jenis teknologi sendiri juga terbagi dalam berbagai jenis yaitu:
1.Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang memudahkan masyarakat untuk bertukar informasi.Mencakup: teknologi komunikasi, teknologi musik, dll.
2. Teknologi Industri adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam memproduksikebutuhannya. Mencakup: rekayasa keuangan, teknik mesin, pembinaan, dll.
3. Teknologi Perencanaan adalah teknologi yang memudahkan masyarakat untuk merencanakan teknologi baru yang akan dipakai di kehidupannya di masa depan. Mencakup: biorekayasa, perencanaan sipil, perencanaan bangunan, perencanaan biokimia, perencanaan luar angkasa, perencanaan nuklir, dll.
4.  Teknologi Kesehatan dan Keselamatan adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menjaga kesehatan dankeselamatannya. Mencakup: bioinformatik, bioteknologi, teknologi kesehatan, dll.
5.  Teknologi Olahraga dan Rekreasi adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam melengkapi dan menjaminsarana olahraga dan rekreasi. Mencakup: peralatan perkemahan, taman ria, dll.
6. Teknologi Transportasi adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam berpergian ke tempattujuannya. Mencakup: rekayasa ruang angkasa, perencanaan kelautan, perencanaankendaraan bermotor, teknologi transportasi, dll.
7. Teknologi Kerumahan adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menyediakan kebutuhansetiap pemilik rumah. Mencakup: teknologi hasil dan pengeluaran makanan,teknologi pendidikan, perindustrian alat-alat rumah tangga, dll.
8. Teknologi Sains Praktik adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menyediakan alat-alat yangmembantu kerja tiap individu dengan menggunakan ilmu sains. Mencakup: teknikaelektronik, rekayasa optik, mikroteknologi, pembangkit listrik, dll.
9.  Teknologi Kemiliteran adalah teknologi yang memudahkan masyarakat untuk memenuhi sarana pasukan bersenjata masing-masing negara. Mencakup: rekayasa bom, perencanaan angkatanlaut, senjata api dan amunisi, dll

Share On:
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ