NEWS UPDATE :

Bandringa, Hewan Prasejarah Pertama yang Bermigrasi



Sebelum ini, peneliti mengira bahwa ada dua spesies Bandringa. Satu yang hidup di air tawar, dan satu spesies lainnya hidup di laut
Bandringa, spesies hiu prasejarah merupakan hewan pertama yang diketahui melakukan migrasi, sekitar 310 juta tahun lalu. Hiu ini tinggal di sungai namun berenang ke laut untuk berkembang biak dan membesarkan anaknya. Ia tidak seperti hiu modern, moncongnya berbentuk seperti sendok yang panjang.

Sebelum ini, peneliti mengira bahwa ada dua spesies Bandringa. Satu yang hidup di air tawar, dan satu spesies lainnya hidup di laut. Namun, menurut Lauren Sallan, peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat, sebenarnya hanya ada satu spesies Bandringa.

Dalam studinya, Sallan dan timnya mengamati fosil-fosil Bandringa yang ditemukan di tiga titik di kawasan Mazon Creek, Illinois. Fosil-fosil tersebut terdiri dari cangkang telur, tulang-belulang dan jaringan lunak dari Bandringa muda serta bayi Bandringa.

Salah satu titik tersebut dulunya merupakan kawasan lepas pantai, dan dua titik lainya merupakan kawasan perairan di daratan.

Saat diteliti, Sallan dan timnya tidak menemukan bukti bahwa fosil-fosil yang ditemukan pada lokasi-lokasi yang berbeda tersebut merupakan fosil dari spesies yang berbeda.

Menurut Sallan, Bandringa merupakan contoh tertua dari hewan yang melakukan migrasi. Tahun 2011 lalu, sejumlah palaeontolog mendapatkan bukti kuat pertama bahwa dinosaurus jenis sauropod melakukan migrasi musiman. Tetapi mereka melakukannya sekitar 150 juta tahun lalu.
Share On:
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ