NEWS UPDATE :

Letak Astronomis dan Letak Geografis

Dalam pelajaran SMP tentu kita pernah mempelajari mengenai letak astronomis dan letak geografis. Nah dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang letak astonomis dan letak geografis. Sebenarnya apa si yang dimaksud dengan letak astronomis maupun letak geografis?

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah/daerah/negara berdasarkan garis khayal lintang dan bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yang membentang horisontal melingkari bumi sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal.
Garis Lintang dan Bujur dibagi menjadi dua yaitu Garis Lintang Utara dan Garis Lintang Selatan yang dibatasi oleh garis ekuator(khatulistiwa) dan Garis Bujur Barat dan dan Bujur Timur yang dibatasi oleh Greenwich Mean Time. Jadi letak astronomis bisa dikatakan letak khayal suatu wilayah/daerah/atau negara di permukaan bumi. Sebagai contoh letak astronomis indonesia adalah 6° LU (Lintang Utara) - 11° LS (Lintang Selatan) dan antara 95° BT (Bujur Timur) - 141° BT (Bujur Timur). Letak astronomis ini akan menentukan sebuah iklim di negara tersebut. Negara yang berada diantara 23,5° LU sampai 23,5° LS akan memiliki iklim tropis, negara yang berada antara 23,5° – 40°LU/LS akan memiliki iklim subtropis, negara yang berada antara 40°- 66,5° LU/LSakan memiliki iklim sedang, sedangkan negara yang berada antara 66,5° sampai 90° LU/LS akan memiliki iklim dingin.

Gambar pembagian iklim berdasarkan garis lintang/iklim matahari
Sedangkan Letak Geografis adalah kedudukan nyata suatu wilayah/daerah/negara di permukaan bumi terhadap wilayah/darah/negara lain. Jadi letak geografis adalah latak yang sebenarnya di permukaan bumi. sebagai contoh letak geografis Indonesia berada diantara dua benua yaitu Australia dan Asia serta berada diantara dua samudera yaitu samudera pasifik dan samudera hindia. letak geografis akan berpengaruh terhadap berbagai aspek seperti, sosial, budaya, ekonomi dll. selain itu letak geografis juga dapat menimbulkan munculnya iklim khusus, seperti yang terjadi di indonesia dengan iklim musoonnya.

nhaa demikianlah pembahasan mengenai letak astronomis dan letak geografis.., semoga bermanfaat, jangan lupa komen yaa... :*
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Harap Komentar Sesuai dg Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang ato Berjualan
- Bagi Komentar Yg Menautkan Link Aktif di anggap Spam
Selamat Berkomentar dn Salam persahabatan

SahabatQ

Like Facebokk Friends

ProfilQ

VERDA CANTIKA.PSH

Masih Sekolah di SMPN 1 ploso Jombang dr keluarga 3 bersaudara :adik Rindu masih kelas 4 SDN Kedungrejo dn adik Livi masih kecil umur 2,5 th kami keluarga bahagia yg saling menyayangi dn mengasihi sekian Trimksh Lihat Lengkap ProfilQ